12 Januari 2012

Motherhood

Diposkan oleh Anita Trissya di 1:30 PM
Morning world, sementara yang lain masih menutup mata n bermimpi ehh gue malah celingukan ngga jelas dan grasak-grusuk ngga bisa tidur...emang sih sejak 2bulan after gave birth pola tidur ini bukan maeenn amburadulnya. Jangan ditanya soal fisik saat ini, semrawwwuuut banget....dan alhasil gue masih hidup segar bugar di jam-jam seperti ini. Kebetulan karna si kecil lagi ngga enak badan...jd naluri keIbuan (ceilee....) jd Siaga deh.

Ok....its perfect time to wrote something for you guys!

MAMA...! 26th gue hidup dan tidak pernah terlewatkan 1 haripun tanpa mengucapkan kata yang satu ini....singkat, padat, jelas dan penuh makna. Diucapkannya pun beraneka bentuk intonasinya...pelan, memelas, sedikit kencang, tereak, dan sometimes gemesss :) tapi mau dikondisikan seperti apapun latar belakang panggilan ini tidak pernah mengurangi kesaktian dan keanggunan 1 kata ajaib ini...MAMA!

buat gue MAMA adalah segala-galanya, walopun gue ngga selalu merasa sependapat dan lebih banyak beradu argumen, mungkin karna jarak usia gue n MAMA gue rada-rada jauh...jadi banyak hal yang ngga match untuk dibicarakan maupun diterima, tapi terlepas dari setiap perbedaan antara gue n MAMA satu hal yang mengikat pertalian kami adalah karna MAMA adalah selalu MAMA tidak akan berubah jadi Tante, jadi kakak, atau jadi sosok lainnya....Cinta'nya tetap akan tanpa syarat, selalu ada dan baru setiap hari, punya jutaan bahkan miliaran stock kata 'memaafkan' buat gue kapanpun n dimanapun...

MAMA'mu juga kan?

Dan saat ini, gue merasakan jauh lebih memaknai kata MAMA dalam kehidupan gue...selama 2bulan ini, ketika sebutan MAMA dituduhkan ke gue entah dari suami, (anak gue blm bisa ngomong), teman2, suster di tpt praktek Dr anak, dll tersadar bahwa tugas yang mulia ini sedang gue emban.

Tugas untuk mencintai tanpa syarat, memaafkan jutaan kali, dan memperbaharui bahasa cinta kasih gue setiap harinya sehingga panggilan MAMA yang dilayangkan ke gue engga basi. Tidak pernah ada yang bilang mudah jadi MAMA, sampe ada temen yang bilang....klo peran MAMA itu sama halnya kaya khawatir sampe mati, khawatir anak sakit, anak jatoh, anak ngga berhasil di sekolah, anak salah bergaul dll intinya sih klo dipikir-pikir pokoknya ngga kebayang banget deh diembani tugas kok berat banget dan ngga ada ujungnya.

Pernah suatu kali gue mikir apa nyokap gue pernah jenuh dan cape dipanggil MAMA dengan embel-embel tanggung jawab tiada akhir ini, trus jawabnya gini : 'sebanding lah sama senengnya kalo liat anak berhasil'
woooww...lagi-lagi kebahagiaan orangtua erat hubungannya sama kebahagiaan si anak, satu kata "Tanpa Pamrih"

Klo gue mikirin tugas mulia nun berat yang baru aja gue mulai rasanya kok kaya ngga sanggup dan ngga confidence gituuu yaa...tp satu hal yang menguatkan n terus gue ingat klo setiap MAMA ini pada dasarnya punya Style masing-masing membesarkan anaknya, ngga ada buku atau teori yang lebih 'tau' tentang seorang anak kecuali ibunya. Sejak dalam kandungan, hingga proses melahirkan, menyusui, sampe melewati moment-moment selanjutnya pengenalan akan hubungan anak dan MAMA tidak pernah berujung dan menjadi siklus tak terkendali yang kemudian menghadirkan ikatan bahkan kerap kali menjadi 'Firasat'

Buat teman-teman yang kurang beruntung dalam hal per MAMA'an ini pun janganlah berkecil hati, gambaran ibu bagi setiap perempuan adalah hal mutlak yang tidak selalu bergantung dari moment yang tercipta antara ibu dan anak. Memang sih ada hubungannya tentang style mendidik anak kelak dengan cara kita dididik oleh MAMA, namun sekali lagi ini bukan ilmu sakral dan bukan rumus mati yang memastikan keberhasilan mendidik anak suatu hari nanti.

Untuk teman-teman yang terpanggil MAMA tanpa mengandung dan melahirkan pun anda tetap SAH!!
peran ibu ngga melulu soal mengandung dan melahirkan, tapi tentang hal membesarkan, merawat, menghadapi moment kebersamaan yang menghadirkan ikatan dengan si buah hati. Banyak cara menjadi ibu, karna ibu bukan title tapi Peran! peran yang dimainkan bisa oleh siapa saja tanpa pandang kaya miskin, sehat sakit, subur- tidak subur, baik - jahat.

Dan inilah cara gue mensyukuri arti panggilan MAMA yg dalam hitungan bulan akan terarah langsung dari sikecil. Menikmati proses sesulit apapun, tidak pernah berhenti belajar dan terus haus akan hal-hal yang baru, menjadi perpustakaan ilmu baik moril maupun wawasan sehingga ia tidak perlu mencarinya diluaran, tempat bersandar paling nyaman dan hangat untuk berbagi, menjadi yang paling bisa diandalkan dan paling manis untuk dikenang suatu hari nanti :)

semoga gue bisa, semoga anda juga....



*tulisan ini dipersembahkan untuk MAMA'ku tersayang dan dia yang akan memangilku MAMA

at Graduation day...i'm here because of you!


 
my beloved one! Tara Emilia....i'm a lucky mommaa

0 komentar on "Motherhood"

Poskan Komentar

 

My Confession Copyright © 2009 Girl Music is Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez