12 Januari 2012

Motherhood

Diposting oleh Anita Trissya di 1:30 PM 0 komentar
Morning world, sementara yang lain masih menutup mata n bermimpi ehh gue malah celingukan ngga jelas dan grasak-grusuk ngga bisa tidur...emang sih sejak 2bulan after gave birth pola tidur ini bukan maeenn amburadulnya. Jangan ditanya soal fisik saat ini, semrawwwuuut banget....dan alhasil gue masih hidup segar bugar di jam-jam seperti ini. Kebetulan karna si kecil lagi ngga enak badan...jd naluri keIbuan (ceilee....) jd Siaga deh.

Ok....its perfect time to wrote something for you guys!

MAMA...! 26th gue hidup dan tidak pernah terlewatkan 1 haripun tanpa mengucapkan kata yang satu ini....singkat, padat, jelas dan penuh makna. Diucapkannya pun beraneka bentuk intonasinya...pelan, memelas, sedikit kencang, tereak, dan sometimes gemesss :) tapi mau dikondisikan seperti apapun latar belakang panggilan ini tidak pernah mengurangi kesaktian dan keanggunan 1 kata ajaib ini...MAMA!

buat gue MAMA adalah segala-galanya, walopun gue ngga selalu merasa sependapat dan lebih banyak beradu argumen, mungkin karna jarak usia gue n MAMA gue rada-rada jauh...jadi banyak hal yang ngga match untuk dibicarakan maupun diterima, tapi terlepas dari setiap perbedaan antara gue n MAMA satu hal yang mengikat pertalian kami adalah karna MAMA adalah selalu MAMA tidak akan berubah jadi Tante, jadi kakak, atau jadi sosok lainnya....Cinta'nya tetap akan tanpa syarat, selalu ada dan baru setiap hari, punya jutaan bahkan miliaran stock kata 'memaafkan' buat gue kapanpun n dimanapun...

MAMA'mu juga kan?

Dan saat ini, gue merasakan jauh lebih memaknai kata MAMA dalam kehidupan gue...selama 2bulan ini, ketika sebutan MAMA dituduhkan ke gue entah dari suami, (anak gue blm bisa ngomong), teman2, suster di tpt praktek Dr anak, dll tersadar bahwa tugas yang mulia ini sedang gue emban.

Tugas untuk mencintai tanpa syarat, memaafkan jutaan kali, dan memperbaharui bahasa cinta kasih gue setiap harinya sehingga panggilan MAMA yang dilayangkan ke gue engga basi. Tidak pernah ada yang bilang mudah jadi MAMA, sampe ada temen yang bilang....klo peran MAMA itu sama halnya kaya khawatir sampe mati, khawatir anak sakit, anak jatoh, anak ngga berhasil di sekolah, anak salah bergaul dll intinya sih klo dipikir-pikir pokoknya ngga kebayang banget deh diembani tugas kok berat banget dan ngga ada ujungnya.

Pernah suatu kali gue mikir apa nyokap gue pernah jenuh dan cape dipanggil MAMA dengan embel-embel tanggung jawab tiada akhir ini, trus jawabnya gini : 'sebanding lah sama senengnya kalo liat anak berhasil'
woooww...lagi-lagi kebahagiaan orangtua erat hubungannya sama kebahagiaan si anak, satu kata "Tanpa Pamrih"

Klo gue mikirin tugas mulia nun berat yang baru aja gue mulai rasanya kok kaya ngga sanggup dan ngga confidence gituuu yaa...tp satu hal yang menguatkan n terus gue ingat klo setiap MAMA ini pada dasarnya punya Style masing-masing membesarkan anaknya, ngga ada buku atau teori yang lebih 'tau' tentang seorang anak kecuali ibunya. Sejak dalam kandungan, hingga proses melahirkan, menyusui, sampe melewati moment-moment selanjutnya pengenalan akan hubungan anak dan MAMA tidak pernah berujung dan menjadi siklus tak terkendali yang kemudian menghadirkan ikatan bahkan kerap kali menjadi 'Firasat'

Buat teman-teman yang kurang beruntung dalam hal per MAMA'an ini pun janganlah berkecil hati, gambaran ibu bagi setiap perempuan adalah hal mutlak yang tidak selalu bergantung dari moment yang tercipta antara ibu dan anak. Memang sih ada hubungannya tentang style mendidik anak kelak dengan cara kita dididik oleh MAMA, namun sekali lagi ini bukan ilmu sakral dan bukan rumus mati yang memastikan keberhasilan mendidik anak suatu hari nanti.

Untuk teman-teman yang terpanggil MAMA tanpa mengandung dan melahirkan pun anda tetap SAH!!
peran ibu ngga melulu soal mengandung dan melahirkan, tapi tentang hal membesarkan, merawat, menghadapi moment kebersamaan yang menghadirkan ikatan dengan si buah hati. Banyak cara menjadi ibu, karna ibu bukan title tapi Peran! peran yang dimainkan bisa oleh siapa saja tanpa pandang kaya miskin, sehat sakit, subur- tidak subur, baik - jahat.

Dan inilah cara gue mensyukuri arti panggilan MAMA yg dalam hitungan bulan akan terarah langsung dari sikecil. Menikmati proses sesulit apapun, tidak pernah berhenti belajar dan terus haus akan hal-hal yang baru, menjadi perpustakaan ilmu baik moril maupun wawasan sehingga ia tidak perlu mencarinya diluaran, tempat bersandar paling nyaman dan hangat untuk berbagi, menjadi yang paling bisa diandalkan dan paling manis untuk dikenang suatu hari nanti :)

semoga gue bisa, semoga anda juga....



*tulisan ini dipersembahkan untuk MAMA'ku tersayang dan dia yang akan memangilku MAMA

at Graduation day...i'm here because of you!


 
my beloved one! Tara Emilia....i'm a lucky mommaa

02 Januari 2012

Wonderful Life

Diposting oleh Anita Trissya di 6:56 AM 0 komentar
Good byee December and say Hello delloww to January...
Sedih, senang, khawatir and excited tentunya campur aduk menyambut pergantian tahun ini
Jika ada resolusi dan goal yang tertinggal di tahun lalu...well yeah, jangan patah semangat yaa...mungkin saja yang belum terealisasi ditahun lalu akan menjadi akhir yang indah di tahun ini...semoga! :

Begitu juga aku punya  banyak hal yang tertinggal, ada yang belum terlaksana, mimpi yang tertunda dan macem2 lainnya deh...meski begitu, tak lepas rasa syukurku menutup tahun ini seperti tahun-tahun sebelumnya...buatku tertutup dengan manis atau tidaknya sebuah akhir tahun tidak akan mengubah rasa terimakasih ku kepada Sang empunya hidup ini...toh nyatanya sampai detik ini aku masih menikmati gratisnya udara tanpa bantuan alat apapun, pertanda Dia masih menghendaki aku melanjutkan perjalanan ini hingga ke garis akhir...

Okaayy...lets start the story
jadi begini nih ceritanya...beberapa hari lalu saya tergelitik dengan statement seseorang about 'Wonderful Life'
begitu seringnya kata ini disebut maybe tanpa dia benar-benar mengerti maknanya dan menitik beratkan sekelibat kalimat ini hanya dalam ukurannya semata.

Menurut saya sih...tidak ada patokan dan ukuran yang jelas kapan kehidupan seseorang sudah mencapai 'wonderful' atau belum! depend on bagaimana seseorang itu menikmati kehidupannya dan apa yang ingin ia capai. Some people happy dan berkata my life sooo 'Wondeful' kalo punya walking closet like Kimora Lee Simons atau Vic-Beckham, some people said its wonderful kalo uda punya anak banyak dan menjadi kebanggaan suami, ada juga yang merasa hidupnya sempurna dengan mengabdikan diri menjadi guru di daerah terbelakang atau tertinggal.

Jadi kata 'wonderful' sendiri tidak bisa menjadi cerminan dan standart telak bagi seseorang untuk kemudian dibandingkan dengan 'wonderful life' ala orang lain. Masing-masing punya caranya sendiri untuk menjadikan kehidupannya so 'wonderful'

Buat saya pribadi sih...saya bukan orang yang terlalu sesumbar mengatakan hidup saya sudah 'Wonderful' bukan berarti type makhluk yg kurang bersyukur loh.....tapi terlepas dari semuanya, saya menghargai dan memandang bahwa kehidupan orang lainpun 'Wonderful' indah dengan caranya masing-masing.

Ketika semua ritme kehidupan berjalan Seimbang, saya baru bisa berkata ini 'wonderful' ini 'perfect'
saya jadi teringat sebuah ayat (dimana tepatnya, maaf lupa!) yang berkata 'ditangan kirimu kekayaan dan kemuliaan dan umur panjang di tangan kananmu' pernahkah anda benar-benar meresapi statement tsb?

Di hari-hari belakangan ini amat sangat jarang kita temui seseorang yang 'wonderful' dengan kekayaan, kehormatan, dan kesehatan yang berjalan seiring dan selaras...jika memang ada, yeahh its truly wonderful!
Ada yang kaya dan terhormat tapi sakit, ada yang Sehat dan Kaya tapi tidak dihormati, ada juga yang sehat dan terhormat namun tidak kaya...Ketiga hal diatas adalah bola-bola emas dalam sebuah kehidupan untuk mencapai kata 'Wonderful'

Jadi jika ketiga bola emas diatas belum kita dapatkan seirama, alangkah baiknya kita berdiam dan mengintropeksi diri...apakah kita terlalu malas hingga belum hidup berkelimpahan? terlalu Arogan hingga tidak dihormati org lain? dan kurang pengendalian diri hingga tidak sehat?

Awal tahun ini seperti biasanya saya selalu membuat resolusi, mungkin agak sedikit lebih banyak dari tahun-tahun lalu karna tahun ini berbeda setelah hadirnya si kecil Tara yang tentu saja membuat daya juang sayasemakin tinggi untuk menggapai 'wonderful life'

Semoga semuanya terwujud dengan sempurna yaa...hingga saya dengan senyum lebar dan tetap rendah hati dapat berkata...yeahh my life so 'Wonderful'

Happy New Year...
 

My Confession Copyright © 2009 Girl Music is Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez